Info Tentang Kesehatan



Makan Sayur Mengurangi Penyumbatan Arteri
Ada kabar gembira bagi anda yang suka makan sayur mayur dan buah. Fakultas Kedokteran Wake Forest University, Amerika Serikat, belum lama ini mengadakan penelitian yang menyimpulkan bahwa diet yang tinggi sayuran dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
      Tim peneliti dari fakultas kedokteran tersebut mengadakan percobaan pada hewan tikus, sebagian tikus diberi diet sayuran, sebagian lagi tidak. Setelah 16 minggu mengalami perlakuan tersebut, para peneliti mengukur kadar kolesterol di kedua kelompok tikus itu.
      Ternyata, pembentukan plak lemak pada dinding pembuluh darah tikus yang dapat diet sayuran yang tinggi, 38% lebih rendah di bandingkan tikus yang tidak mendapat diet sayuran. Tikus yang hanya mendapat diet sayuran , berat badan dan kadar kolesterolnya dalam darah meningkat sedikit saja. Sementara tikus yang tidak mendapat diet sayuran mengalami penyumbatan pembuluh arteri atau aterosklerosis yang di tandai dengan pembentukan plak lemak pada dinding pembuluh darah arterinya sehingga menghambat aliran darah. Kadar kolesterol "jahat" ( LDL ) dalam darah kelompok tikus tersebut juga meningkat.Seperti diketahui, kolesterol merupakan salah satu faktor resiko aterosklerosis pada manusia.
Berbagai penelitian pada manusia menunjukkan bahwa diet yang kaya sayuran dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit kardiovaskuler,dan juga penurunan tekanan darah dan peningkatan kolesterol "baik". Penelitian ini diyakini merupakan yang pertama merujuk pada efek mengkonsumsi banyak sayuran pada terjadinya aterosklerosis.
Selain itu,pada tikus yang mendapat diet sayuran yang tinggi, penyebab peradangan arteri turun hingga 37%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi sayur-mayur dapat menhambat aktifitas peradangan.

" Terjadinya aterosklerosis berkaitan erat dengan peradangan pada arteri," Kata Adams.
" Hasil penelitian yang kami lakukan yang digabungkan dengan penelitian lain mendukung pemikiran bahwa mengkonsumsi banyak sayuran menghambat terjadinya aterosklerosis melalui jalur antioksidan dan anti peradangan"


Jadi, jangan segan-segan banyak makan sayuran hijau dan buah-buahan yaaaa... !!!!
"IKUTI TERUS ARTIKEL TENTANG INFO SEPUTAR KESEHATAN" .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Bentuk Tubuh Indah

Indah Belum Tentu Aman dan Sehat